Senin, 01 April 2013

Pentingnya Security Data(informasi) di Tengah Perkembangan Tekhnologi Komputer

Di era komputerisasi seperti sekarang ini, begitu banyak kemudahan yang bisa dirasakan oleh manusia dalam melakukan pekerjaannya. Namun dibalik kemudahan itu ternyata terdapat bahaya yang dapat mengancam pribadi seseorang bahkan mengancam suatu negara. didalamnya banyak sekali tindakan - tindakan kriminal yang dilakukan oleh para manusia - manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti yanag akan saya bahas pada artikel ini mengenai "Pentingnya Security Data(informasi) di Tengah Perkembangan Tekhnologi Komputer".

Suatu data atau informasi dizaman sekarang ini telah menjadi suatu kebutuhan primer, berarti suatu informasi amatlah sangat penting bagi kehidupan masyarakat, baik sifatnya personal, kelompok, bahkan suatu negara. Bayangkan saja apabila data keungan suatu negara bisa di sadap dan bisa di lihat secara mudah oleh negara lain, pasti akan sangat merugikan negara tersebut karena dengan itu mereka bisa mengetahui perekonomian suatu negara, sangat vital bukan keberadaan sebuah data. dibawah ini ada beberapa tekhnik pengamanan data yang saya ketahui:

  1. Internet Firewall Berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal. Firewall bekerja dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan Filter dan Proxy. Filter digunakan untuk menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja. Proxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya.
  2. Kriptografi adalah seni menyandikan data, ada 2 proses yaitu: Enkripsi dan Dekripsi, Enkripsi adalah program mengubah data asli menjadi data sandi. Dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi ke aslinya. Data hasil penyandian disebut Chiper Teks. Proses Enkripsi dilakukan sebelum data dikirim, sedangkan merubah menjadi data asli dilakukan setelah data dikirim.
  3. Secure Socket Layer (SSL) pengiriman data melalui tranmisi yang disandikan atau pengiriman data dengan cara menyandikan data. Hal ini dilakukan agar komputer-komputer yang berada pada pengiriman dan penerimaan data tidak dapat membaca isi data.

Jadi, berhati - hatilah dengan data - data penting yang anda miliki, segeralah menyadari bahwa pengaman terhadap data itu sangat penting sekali. Lindungi data - data penting yang kita miliki, baik itu data pribadi, data sebuah perusahaan maupuun data sebuah negara.

0 komentar: