Jumat, 09 November 2012

FORENSIK JARINGAN (bagian 6)



7.      Perkembangan Sistem Forensik Jaringan
Saat ini ada beberapa sistem forensik jaringan yang dikembangkan baik untuk tujuan komersial maupun akademis. NIKSUN’s NetVCR dan NetIntercept adalah beberapa sistem komersial yang dijual dipasaran dan cukup banyak dipakai diperusahaan-perusahaan saat ini. Sedangkan untuk tujuan penelitian, sistem forensik seperti Honeytraps[13] dan ForNet[10] dikembangkan dengan metodelogi-metodelogi masing-masing. Dengan kata lain saat ini belum ada standart bagi suatu sistem forensik jaringan. Oleh karena itu juga diperlukan suatu usaha untuk membuat standarisasi sistem forensik jaringan.

KESIMPULAN

  1. Sistem keamanan komputer menggunakan firewall dan IDS saat ini sudah tidak memadai lagi, sehingga diperlukan kemampuan forensik pada implementasi sistem keamanan jaringan.
  2. Akan ada tradeoff antara sistem forensik dengan privacy oleh karena itu diperlukan suatu kebijakan mengenai sistem forensik yang akan dipakai oleh suatu perusahaan atau organisasi.
  3. Sistem forensik yang ada saat ini memakai metodelogi pendekatan dan pembangunan sistem yang berbeda-beda sehingga perlu adanya usaha standarisasi dalam sistem forensik jaringan.



DAFTAR PUSTAKA

1.        CISCO, Routing Basics
2.        ICMP Traceback Messages, Internet Draft, October 2001
( November 2001)
3.        Katarina Jozig. Tracing Back DDoS Attack. Master Thesis, University of Stockholm-Royal Institute of Technology. April 2002.
4.        On Design and Evaluation of “Intention-Driven” ICMP Traceback, by Mankin, Massey, Wu, Zhang.
5.        CenterTrack: An IP Overlay Network for Tracking DoS Floods, By Robert Stone, UUNET, 1999
6.        Sleepy Watermark Tracing: An Active Network-Based Intrusion Response Framework, by Wang, Reeves, Wu, North Carolina State University, March 2001
7.        K. Shanmugasundaram, N. Memon, A. Savant, and H. Bronnimann. Fornet: A distributed forensics system. The Second International Workshop on Mathematical Methods, Models and Architectures for Computer Networks Security, May 2003.
8.        Simson Garfinkel, Web Security, Privacy & Commerce, 2nd Edition.

0 komentar: